28 April 2012

Macam-Macam POSTER

POSTER, merupakan Jenis reklame yang ada di luar rumah, kalimat yang digunakan harus singkat, jelas, padat sehingga inti masalah dapat dibaca orang sambil lalu. Kata-kata yang digunakan mudah diingat dan sugestif (berkesan). Poter lebih mengutamakan gambar daripada kata-kata atau kalimat.

Jenis-jenis Poster

1.        Poster Propaganda
Poster propaganda bertujuan untuk mengembalikan semangat pemmbaca atas perjuangan pahlawan dengan ccara memunculkan beberapa kalimat persuasive.


2.       Poster Kampanye
Sejak munculnya negara-negara demokrasi yang menyerahkan keputusan mengenai kepemimpinan kepada rakyat, poster dipergunakan sebagai alat untuk mencari simpati dari calon pemimpin pada pemilihan umum. Hingga kini, poster kampanye selalu muncul pada setiap kesempatan saat dilakukan pemilihan kepada kepala daerah maupun kepala negara.


3.       Poster Wanted
Poster ini digunakan untuk memuat sayembara untuk menemukan penjahat yang sedang dicari negara.


4.       Poster Cheesecake
Poster ini merupakan jenis poster anak-anak muda. Poster ini biasanya berisikan gambar bintang-bintang rock dan pop, artis musik.


5.         Poster Film
Industri film sangat memanfaatkan poster untuk mempopulerkan film-filmnya. Hingga kini poster film dibuat menggunakan teknologi dan profesionalisme yang sangat tinggi karena dari situ dilibatkanlah kemampuan finansial yang sangat luas. Desainer-desainer terbaik disewa untuk membuat karya-karya poster untuk mempromosikan film.



6.         Poster Komik Buku
Popularitas komik dunia mencapai puncaknya pada tahun 60-an. Hal ini memicu produksi massal dari poster-poster komik pada tahun 70-an ke atas.


7.          Poster Affirmation
Tujuan pembuatan poster affirmation adalah untuk memotivasi dengan kata-kata yang tertulis pada poster tersebut. Teks atau kata-kata motivasi yang tercantum biasanya tentang Leadership, Opportunity dan lain-lain.


8.          Poster Riset dan Kegiatan Ilmiah
Poster ini merupakan jenis poster yang sering dipakai dikalangan akademis untuk mempromosikan kegiatan ilmiah yang hendak dilakukan.


9.         Poster di dalam kelas
Poster kelas mula-mula populer disekolah-sekolah di Amerika Utara. Ada berbagai jenis poster kelas yang biasa dibuat, yaitu poster untuk memotivasi murid agar bersikap baik, mengikuti desiplin sekolah, poster yang berisikan bahan pelajaran yang disusun debagai referensi singkat, tabel perkalian, pengenalan bahasa asing, peta dan lain-lain.

10.        Poster Karya Seni
Poster karya seni merupakan ekspresi dari desain grafis yang dibuat dengan tujuan “ seni untuk seni”. Hal itu biasanya merupakan ajang berkreasi bagi mahasiswa yang mempelajari bidang seni grafis.


11.        Poster Pelayanan Masyarakat / Pelayanan Kesehatan.
Pelayanan masyarakat atau social compaign merupakan suatu jenis poster yang tidak bersifat komersial, atau tidak diperdagangkan (seperti poster-poster Cheseecage, poster film, poster karya seni,poster tentang suatu penyakit, dsb).\


12.         Poster Komersial
Ini adalah jenis poster paling banyak kita jumpai di mana saja.poster jenis ini di desain dan diproduksi sebagai sarana untuk mempromosikan suatu produk dan diproduksi dengan budget tertentu sesuai anggaran sales promotion. Munculnya poster-poster iklan yang kreatif mampu mencuri perhatian pembacanya.

13.              Poster Niaga

Poster yang berisi penawaran sebuah produk atau jasa. Misalnya: poster rokok, poster sabun, poster sepatu, dan sebagainya.


14.              Poster Kegiatan
Poster yang berisi pelaksanaan suatu kegiatan. Misalnya: poster seminar, poster pentas seni, poster jantung sehat, dan sebagainya.


15.              Poster Pendidikan.
Poster yang bertujuan memberi penerangan kepada masyarakat bersifat memberitahu atau mendidik. Misalnya: poster kesehatan, poster kebersihan, poster pendidikan , dan sebagainya.




SUMBER :

3 comments: